Akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses identifikasi, pengukuran, dan komunikasi informasi keuangan yang memungkinkan bagi pengguna informasi untuk melakukan penilaian dan pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Adapun tiga kegiatan utama akuntansi adalah: 1) identifikasi dan pengukuran; 2) komunikasi informasi; dan 3) pengambilan keputusan.
Manajemen stratejik adalah ilmu merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan manajemen berkaitan dengan strategi dan tujuan perusahaan. Hal ini merupakan bagian dari integrasi informasi pemasaran, keuangan, produksi, penelitian dan pengembangan, dan sistem informasi guna tercapainya tujuan yang ditetapkan organisasi.
Akuntansi dan manajemen stratejik dapat dikaitkan melalui Strategic Management Accounting (SMA). SMA menyediakan informasi akuntansi yang berguna untuk pengambilan keputusan stratejik yang tepat dan membantu dalam pencapaian keunggulan kompetitif. SMA dapat membantu dalam pengembangan dan implementasi strategi perusahaan melalui informasi keuangan yang terintegrasi dengan informasi pemasaran, produksi, penelitian dan pengembangan, dan sistem informasi yang disediakan perusahaan. Selain itu, SMA dapat mendorong adanya kolaborasi antar divisi seperti divisi akuntansi dan divisi pemasaran dalam pengukuran kinerja merek dan posisi strategis perusahaan.
Penerapan
SMA tentu memiliki manfaat yakni dapat membantu perusahaan dalam merespons situasi
lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang berkaitan dengan strategi
perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Disisi lain, tantangan yang dihadapi
dalam penerapan SMA adalah kurangnya pengetahuan mengenai SMA dikarenakan
keilmuannya yang masih kurang dan dianggap tidak dibutuhkan sebab strategi
sudah terintegrasi dengan fungsi lain.
Referensi:
- Triani, N. (2023). Introduction to Financial Accounting. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4512267.
- Djordjevic, B. (2014). THE NATURE OF STRATEGIC MANAGEMENT. International Journal of Business Management and Economic Review. https://doi.org/10.14738/ABR.24.178.
- Yarema, Y. (2022). STRATEGIC ACCOUNTING IN THE ENTERPRISE MANAGEMENT SYSTEM. Black Sea Economic Studies. https://doi.org/10.32843/bses.74-35.
- Dixon, R. (1998). Accounting for strategic management: A practical application. Long Range Planning, 31, 272-279. https://doi.org/10.1016/S0024-6301(98)00011-9.
- Oyewo, B., Hussain, S., & Simbi, C. (2023). Challenges of implementing management accounting innovations: Evidence from the field. Prometheus. https://doi.org/10.13169/prometheus.38.4.0399.
- Heong, K. (2016). Adoption, Benefits and Challenges of Strategic Management Accounting Practices: Evidence from Market.. , 8, 27-45.
0 Komentar